HARI ANAK-ANAK 2019: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL (HAN)

cgkata - Untuk menghormati dengan menyambut peringatan atau perayaan Hari Anak Internasional, yang secara resmi jatuh pada tanggal 20 November, cgkata telah menyusun daftar ucapan-ucapan yang sangat menyentuh yang dapat Anda kirim ke anak-anak terbaik di dunia juga Indonesia untuk memberi tahu mereka betapa pentingnya dan berharga mereka.


Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memberi tahu anak-anak betapa mereka dicintai. cgkata harap Anda dapat menggunakan pesan bijak serta kata terbaik kami di bawah ini untuk menempatkan kebahagiaan di hati sebanyak mungkin anak di peringatan Hari Anak-Anak Nasional (HAN) secara resmi jatuh pada tanggal 23 Juli tahun ini umumnya Petunjuk Teknis (disingkat: Juknis) akan dirilis melalui surat edaran dari KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA ( kemenpppa.go.id. ) dimana akan terdapa logo, pedoman dan tema.



Semoga semua anak luar biasa Nasional di dunia ini merayakan Hari Anak yang seindah mereka. Kami cinta kalian semua. Saya harap kamu tidak pernah melupakan itu.



Tanpa anak-anak, dunia tidak memiliki sinar matahari, tawa, dan cinta. Itu sebabnya saya percaya anak-anak adalah ciptaan yang paling berharga di dunia. Kita harus melindungi, membimbing dan mencintai mereka dengan sekuat tenaga, karena itu adalah harta terbesar kita. Selamat Hari Anak-anak Nasional 23 Juli



Selamat Hari Anak-anak Nasional 23 Juli 2019, bagi saya, Kamu adalah berkat yang paling berharga.



Semoga anak saya yang sangat manis di masa depan yang sangat manis. Sayang, saya ucapkan dan harap kamu memperingati Hari Anak yang benar-benar ajaib dan bahagia.



Mengutip apa yang dikatakan Presiden Amerika terkenal Herbert Hoover, tidak ada sumber daya alam yang lebih berharga daripada anak-anak kita.

Di sini kami mengucapkan selamat buat semua anak-anak berharga di dunia, Hari Anak-anak dipenuhi hingga penuh dengan kebahagiaan dan cinta.



Anak-anak adalah wakil Tuhan di bumi. Perlakukan mereka dengan baik dan Tuhan akan selalu tersenyum padamu. Selamat Hari Anak Internasional 20 November 2019.



Pada Hari Anak-anak ini dan sepanjang tahun, saya berdoa semoga kamu sangat bahagia. Semoga masa depanmu seterang cahaya yang menerangi dunia ini. Nikmati hari spesialmu!



Anak-anak adalah kesenangan terbesar dunia. Selamat Hari Anak Nasional!



Anak-anak yang terkasih, pada hari ini didedikasikan sepenuhnya kepadamu, saya ingin kamu tahu bahwa tidak ada kata-kata di dunia yang dapat saya gunakan dalam menggambarkan betapa istimewanya kamu bagi saya. Semoga kebahagiaan dan sinar matahari selalu memenuhi duniamu. Selamat Hari Anak, putri tersayangku.



Seperti yang kita peringati pada Hari Anak Internasional tahun ini, marilah kita tidak pernah lupa bahwa anak-anak kita adalah hadiah terbesar yang pernah diberkati Tuhan dengan dunia ini. Cintai, hargai dan lindungi mereka sepanjang hidupmu.



Anak-anak adalah contoh cemerlang bahwa Tuhan masih memiliki sayang kepada umat manusia. Semoga semua anak dari seluruh penjuru dunia selamat dan peringati Hari Anak yang unik namun bermakna. Tetap bersinar!



Anak-anak yang terkasih, kamu adalah hal terpenting dalam kehidupan kita. Pada hari istimewa ini, cgkata menegaskan kembali janji kami untuk mencintaimu, mendukungmu, mendidikmu dan hadir untuk kamu sampai akhir zaman. Selamat merayakan Hari Anak sedunia 20 November 2019, putra dan putri malaikat manis!



Saya mencintai semua anak saya lebih dari saya suka udara yang saya hirup. Selamat Hari Anak internasional untuk anak-anak dengan dunia kecilku yang berharga. Semoga kamu tahu kebahagiaan sejati selama matahari terbit di timur dan terbenam di barat.



Untuk setiap anak putra dan putri generasi muda yang membaca ini, ketahuilah bahwa kamu cantik dan berharga. Jangan pernah berhenti percaya pada diri sendiri karena kami memiliki keyakinan total padamu! Selamat Hari Anak Nasional Indonesia 2019!



Setiap anak di dunia ini adalah berkah, karena mereka memunculkan keindahan di dunia. Selamat Hari Anak Nasional Indonesia untuk semua anak cantik di seluruh dunia Nusantara Indonesia!



cgkata mengucapkan Selamat memperingati Hari Anak Nasional Indonesia untuk semua anak cantik di seluruh dunia Nusantara. Semoga kamu selamanya percaya pada diri sendiri dan mengikuti impianmu. Kamu dicintai hari ini dan selamanya!



Anak-anak tersayang, semoga hari istimewamu seindah sinar matahari yang kamu penuhi dengan langit kami. Selamat Hari Anak Indonesia di dunia Nusantara, yang berharga bagiku!



Pada hari istimewa ini disisihkan untuk ciptaan Tuhan yang paling istimewa - anak-anak di dunia, saya ingin berterima kasih kepada semua anak karena membawa keindahan dan kebahagiaan ke dunia ini. Dunia akan benar-benar tidak berwarna tanpa kehadiranmu. Kami mencintaimu dan mendoakanmu kebahagiaan sejati seumur hidup. Selamat Hari Anak Indonesia 23 Juli 2019 di dunia Nusantara !



Kebebasan untuk menjadi apa yang Anda inginkan. Selamat Memperingati HAN (Hari Anak NAsional) 2019 23 Juli.



Selamat Hari Anak, anak-anakku yang terkasih. Saya merasa sangat diberkati memiliki anak-anak yang luar biasa seperti kamu di sisiku. Saya sangat mencintaimu!

 Untuk menghormati dengan menyambut peringatan atau perayaan Hari Anak Internasional HARI ANAK-ANAK 2019: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL (HAN)

Baca:



Semoga perayaan Hari Anak-anak Internasional paling membahagiakan di dunia bagi kebijaksanaan malaikat kecil saya. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan.



Selamat Hari Anak, sayang dari ibumu tercinta! Bagi saya, kamu adalah sumber kebahagiaan keluarga dan kebanggaan terbesar keluargaku. Aku sangat mencintaimu!



Semoga Hari Anak-Anak Nasional (HAN) menempatkan kebahagiaan di hati untuk semua anak-anak terkasih! Kami mencintai dan menghargaimu lebih dari kata-kata yang memungkinkan kami untuk mengatakannya.



Semoga setiap anak di dunia ini menjadikan Hari Anak sebagai hari peringatan atau perayaan yang fantastis! dengan menyambut serta Terima kasih atas kegembiraanmu membawa dunia!



Selamat Hari Anak untuk putri / putra yang benar-benar menakjubkan! kamu datang ke dalam hidup saya membawakan saya surga di bumi. Saya tidak bisa cukup berterima kasih untuk itu.



Selamat Hari peringatan atau perayaan Anakyang fantastis! Saya harap kamu memiliki waktu yang luar biasa indah ketika kamu merayakan hari istimewa ini.



cgkata berharap semoga hari istimewa ini akan membawa kebahagiaan ke dalam kehidupan semua anak yang cantik di dunia ini. Selamat Hari Anak-Anak, malaikat kami yang penuh kasih.



Sejak kamu datang ke dalam hidup kami, setiap hari cerah seperti surga. Kami mencintaimu lebih dari kami mencintai apa pun di alam semesta ini, termasuk kehidupan kami. Selamat Hari Anak untuk para malaikat yang paling berharga dari Tuhan.



Semoga di peringatan hari anak-anak Anda benar-benar indah karena Anda benar-benar cantik. Sangat mencintaimu!



Selamat Hari Anak untuk anak-anak yang menggemaskan di dunia ini! Terima kasih telah membuat kami tersenyum. Kami berjanji untuk selalu melakukan hal yang sama untuk Anda.



Jika saya diminta untuk menuliskan alasan mengapa saya mencintai anak-anak saya, saya pasti akan menulis buku puisi atau pantun singkat yang tidak akan pernah berakhir.



Hari ini menjadi hari yang istimewa dalam kehidupan anak-anak, saya mengucapkan terima kasih kepada setiap anak karena telah menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik. Jangan lupa membalas dengan mencintai mereka dan menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi mereka. Selamat memperingati Hari Anak nasional!



Tuhan memberkati dunia setiap kali seorang anak tersenyum. Karena itu, sebagai orang dewasa, kita harus berusaha keras untuk tersenyum kepada setiap anak yang kita jumpai. Hanya dengan demikian dunia ini akan mengetahui kebahagiaan sejati.



Pada hari istimewamu, harapan saya bahwa kamu akan diberkati dengan setiap hal luar biasa yang membuat senyum di wajahmu yang indah dan kebahagiaan di hati besar Anda. cgkata.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Perlindungan Anak-anak tahun 2019!




PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL (HAN) TAHUN 2019


Di Tahun 2019, pada bulan Juli ini kita akan menyambut Peringatan Hari Anak Nasional (HAN). Seperti tahun 2018 berdasarkan Pedoman Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 dimana menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.


Indonesia sebagai bagian dari anggota PBB telah berkomitmen di tingkat internasional yang ditandai dengan diratifikasinya Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1990. Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung gerakan dunia untuk menciptakan ”World Fit for Children” (dunia yang layak bagi anak), melalui pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).


Selain itu, berbagai peraturan dan kebijakan juga ditetapkan untuk memenuhi hak dan melindungi anak, utamanya adalah Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pemerintahan Daerah juga mempertegas bahwa sub-urusan pemerintahan di bidang perlindungan anak merupakan urusan wajib pemerintah non pelayanan dasar, yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota.


Banyak kebijakan, program dan kegiatan yang telah dibuat dan dilaksanakan di seluruh tingkatan wilayah, namun pemenuhan hak dan perlindungan anak belum dapat dilakukan secara optimal. Hal ini antara lain terlihat dari masih banyaknya anak yang tidak memiliki kutipan akta kelahiran, informasi yang ada belum ramah anak, masih terbatasnya wadah partisipasi anak dan suara anak belum mewarnai proses pembangunan, di bidang kesehatan masih banyaknya masalah kesehatan anak, di bidang pendidikan belum semua anak mendapatkan pendidikan, di bidang perlindungan banyaknya pekerja anak, maraknya kekerasan kepada anak baik yang dilakukan oleh orang terdekat maupun orang dewasa lainnya, anak mendapat kekerasan di rumah, di jalan, di sekolah dan tempat-tempat umum lainnya, yang dampaknya akan mengganggu tumbuh kembang anak bahkan anak pada saat dewasa akan menjadi pelaku kekerasan.


Hal tersebut perlu dicegah dengan cara menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak. Lingkungan yang kondusif harus dimulai dari dalam keluarga karena keluarga adalah lembaga pertama dan utama yang dapat menciptakan anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air, melalui pengasuhan yang berkualitas. Pengasuhan yang berkualitas juga dapat membangun karakter anak serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan dari sejak usia dini.


Namun kondisi keluarga di Indonesia tidak semuanya mempunyai kualitas yang memadai untuk dapat memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak. Banyak keluarga yang belum memahami peran, tugas dan kewajiban sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak-anaknya. Apalagi di era globalisasi, dimana informasi bebas melanda seluruh lapisan masyarakat. Globalisasi tidak dapat terbendung dan akan berpengaruh terhadap kehidupan setiap individu serta berdampak terhadap kehidupan dan perkembangan kepribadian anak, maupun hubungan antar anggota keluarga.


Banyak anak yang harus ditinggalkan di rumah dikarenakan orangtuanya harus bekerja. Kondisi tersebut tentunya tidak akan menjadi permasalahan apabila orang tua siap menyikapi tantangan jaman. Pola pengasuhan yang berkualitas harus menjadi konsep utama, dengan memberikan pemenuhan hak anak dan membangun komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Dengan kata lain, ketahanan keluarga harus lebih ditingkatkan sehingga orangtua/keluarga dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dalam pembentukan karakter anak sebagai generasi penerus bangsa.


Di samping itu, rekonstruksi sosial masyarakat juga sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan penanganan masalah-masalah yang dialami anak. Partisipasi, kepedulian dan kepekaan masyarakat sangat diperlukan sebelum anak menjadi korban dari eksploitasi dan diskriminasi yang dilakukan oleh orang dewasa lainnya atau antar teman sebaya. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 tentu akan diselenggarakan dengan memperhatikan berbagai peristiwa dan kejadian yang menimpa dan dialami sebagian anak Indonesia beberapa waktu terakhir ini, dimana pemberitaan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin marak di berbagai media.


Pemerintah juga telah meresponnya melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak, yang menginstruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha untuk mencegah dan memberantas kejahatan seksual terhadap anak. Untuk itu, tema yang ditetapkan nanti dalam HAN (Hari Anak Nasional) Tahun 2019 terkait perlunya mewujudkan lingkungan yang kondusif bagi peningkatan tumbuh kembang dan perlindungan anak, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Diharapkan momen Perayaan HAN (Hari Anak Nasional) Tahun 2019 ini diselenggarakan untuk menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha serta pemerintah pusat dan daerah akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak.


MAKNA PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL (HAN) 2019


Peringatan HAN 2018 bahkan Tahun 2019 dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.


Selain itu, Peringatan HAN merupakan momentum untuk terus berupaya meningkatkan sekaligus mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara, untuk melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang telah mengalami perubahan menjadi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, yaitu melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.


MAKSUD DAN TUJUAN PERINGATAN HAN (HARI ANAK NASIONAL)

1. Maksud

a. Peringatan HAN dimaksudkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, orang tua, dan individu secara bersama-sama mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak, termasuk pencegahan dan pemberantasan berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap anak.


b. Menggugah dan meningkatkan kesadaran seluruh komponen bangsa Indonesia bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, dan oleh karena itu kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.


c. Mendorong keluarga agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan agar mampu memenuhi hak dan melindungi anak dalam keluarga.


d. Mendorong keluarga memiliki sikap dan mampu menjadi model bagi anak-anak dan masyarakat.



2. Tujuan Umum

Menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak serta memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak Indonesia dan masyarakat tentang penyelenggaraan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN).



3. Tujuan Khusus

a. Mensosialisasikan dan memberikan berbagai informasi kepada keluarga, masyarakat, dan dunia usaha tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak;

b. Mensukseskan Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA) dalam upaya pencegahan dan pemberantasan kejahatan seksual terhadap anak;

c. Memberikan informasi kepada masyarakat dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nilai kebangsaan;

d. Mendorong peningkatan komitmen tentang kewajiban dan tanggung jawab negara, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pelaksanaan pemenuhan hak dan perlindungan anak;


e. Meningkatkan jejaring kerja dan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat, dunia swasta, media massa dan semua pihak untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak di seluruh tanah air; dan


f. Mendorong pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak.


Baca:


KESIMPULAN HARI ANAK-ANAK 2019: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL (HAN)

Mengutip PEDOMAN PELAKSANAAN HARI ANAK NASIONAL (HAN) TAHUN 2018 dari KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA KEMENPPAI (Kemen-PPA) mengatakan bahwa:


Peringatan Hari Anak Nasional belum menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dibandingkan dengan peringatan hari besar lainnya. Bahkan banyak anak-anak Indonesia yang tidak mengetahui adanya Hari Anak Nasional. Pada peringatan Hari Anak Nasonal tiap Tahun dirancang berbeda. Diharapkan momen Peringatan HAN ini dapat menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, dan anak serta pemerintah pusat dan daerah akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.


Show EmoticonHide Emoticon